Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik Paud Terbaru

Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik PAUD TerbaruĀ – Gagal melakukan sinkronisasi Dapodik Paud banyak dialami oleh para Operator hampir di semua jenjang pendidikan mulai Dapodik PAUD sampai Dapodikdasmen. Padahal banyak diantaranya yang sudah dikejar deadline pagi hari harus selesai namun apa mau dikata jika proses sinkronisasi sudah dilakukan akan tetapi data tidak berhasil sampai ke server pusat Dapodik?

Pada artikel kali ini admin Materi Ilmu akan berbagi tips cara mengatasi gagal sinkronisasi Dapodik PAUD. Namun sebelum kita lanjut ke pokok pemembahasan tentang cara mengatasi gagal sinkronisasi Dapodik PAUD tekankan disini bahwa kami anggap anda adalah Operator Dapodik yang mengerti cara mengoperasikan komputer ataupun menggunakan modem dan wifi.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Sinkronisasi Dapodik PAUD Yang Gagal?

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi Sinkronisasi Dapodik PAUD yang sering gagal.

  • Pastikan kondisi laptop dalam kondisi optimal. Disarankan untuk melakukan install ulang Windows di tiap periode pendataan (saat aplikasi baru rilis). Apabila tidak bisa mengatasi sendiri bawa ke servisan komputer dan laptop terpercaya di tempat anda.
  • Untuk anda yang menggunakan koneksi modem GSM usahakan untuk menggunakan modem dengan kartu GSM yang sinyalnya bagus dan Suport jaringan 4G.
  • Untuk anda yang menggunakan koneksi wifi sebaiknya berada di dekat pusat wifi atau rooter sehingga penerimaan sinyal lebih lancar. Untuk mengetes jaringan lancar atau tidak setelah anda tekoneksi dengan wifi lakukan streaming video bisa YouTube atau lainnya. Kalau lancar berarti internet siap digunakan.
  • Lakukan sinkronisasi di jam istirahat. Artinya tidak dilakukan di jam kerja karena biasanya operator di tempat lain suka melakukan sinkronisasi Dapodik PAUD pada jam kerja. Apabila gagal coba terus jangan menyerah, cobalah melakukan sinkronisasi antara pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 23.50 WIB.

Lantas Bagaimana Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik PAUD Yang Terjadi?

1. Pastikan Server Dapodik Tidak Sedang Maintenance

Faktor utama yang harus anda perhatikan ialah apakah server dapodik sedang aktif atau sedang dalam masa maintenance. Hal ini sangat penting karena apabila anda mencoba melakukan sinkron di Aplikasi dapodik pada saat server dapodik dalam keadaan maintenance, maka otomatis anda tidak akan berhasil untuk sinskronisasi.
Solusi apapun yang coba anda terapkan untuk melakukan sinkronisasi

2. Pastikan Pengisian Sudah Benar

Fakto lupa biasanya sering terjadi pada hampir semua orang. Untuk itu, sebelum melakukan sinkronisasi, pastikan pengisian pada Aplikasi Dapodik sudah benar untuk menghindari gagal sinkron Dapodik PAUD. Silahkan cek kembali pengisian mulai dari data sekolah, sarana dan prasana, data peserta didik, data ptk dan data-data lainnya, apakah sudah benar atau belum.

3. Gunakan Sinkronisasi Online

Cara sinkronisasi Online berbeda dengan sinkronisasi Offline yang harus melakukan beberapa langkah, sedangkan sinkronisasi Online cukup mudah yaitu cukup dengan validasi kemudian langsung pilih sinkronisasi. Berikut ini gambar ilustrasi sinkronisasi online yang sukses:

gagal sinkron dapodik paud perdana
ilustrasi sinkronisasi sukses dengan sinkronisasi online

4. Gunakan Sinkronisasi Offline

Cara mengatasi gagal sinkron yang selanjutnya ialah dengan cara melakukan sinkronisasi secara Offline di Aplikasi Dapodik. Sinkronisasi secara Offline juga terkadang dapat mengatasi gagal sinkron Dapodik PAUD. Cara ini bisa dilakukan sebagai salah satu alternatif cara mengatasi gagal sinkron Dapodik PAUD.

Semoga artikel cara mengatasi gagal sinkronisasi dapodik paudĀ ini bisa membantu, apabila ada cara lain yang bisa dilakukan bisa sobat tambahkan langkah yang anda temukan di kolom kometar.

About the Author: materi ilmu