Dampak Perkembangan Masyarakat Kota

Dampak perkembangan masyarakat kota – Zaman terus berkembang seiring berjalannya waktu. Globalisasi pun ikut serta berkembang. Sebab adanya globalisasi yang terus berkembang pada masyarakat kota, tentunya akan terjadi banyak perubahan pada masyarakat itu, baik berkembang dalam hal pola pikir maupun keadaan masyarakat. Perubahan itu dapat bersifat positif maupun negatif. Untuk dampak positif misalnya, pendidikan lebih merata, komunikasi dan informasi lebih cekatan, pembangunan yang lebih baik, kompetensi kerja sesuai bidangnya, dan lain sebagainya. Sedangkan dampak negatif meliputi, munculnya sikap individualis, budaya kebersamaan mulai memudar sesikit demi sedikit, dan tidak memercayai dari pihak lain.

Karena munculnya globalisasi, tentunya keviagan urbanisasi sangat komplek. Meskipun urbanisasi memiliki banyak manfaat, tetapi jika terlalu banyak adanya urbanisasi dari desa ke kota, maka masyarakat pedesaan akan semakin tertinggal dengan masyarakat perkotaan. Sebab itulah, perlu adanya penanggulangan urbanisasi. Penanggulangan urbanisasi dibedakan menjadi empat, yakni lokal jangka pendek, lokal jangka panjang, nasional jangka pendek, dan nasional jangka panjang.

* Lokal jangka pendek

Lokal jangka pendek dipisahkan kembali menjadi lima bagian, diantaranya sebagai berikut

  • Perbaikan perekonomia  pedesaan,
  • Memperluas lapangan kerja
  • Membuka dan memperluas proyek perkotaan, dan
  • Perbaioan oemukiman kumuh

* Lokal jangka panjang

Hal yang perlu dilakukan untuk menanggulangi urbanisasi yaitu rencana jangka panjang, yakni untuk merumuskan tindakan-tindakan yang dapat  sejumlah faktor-faktor yang ada di di kota seperti pembangunan perumahan,lapangan kerja,taman kota,tempat wisata hiburan   dan lain sebagainya dapat tumbuh menjadi lebih baik secara bersamaan dan imbang.

* Nasional jangka pendek

Selain cara lokal, untuk menanggulangi urbanisasi terdapat pula yang bersifat nasional jangka pendek, yakni denga cara pemerintah mengeluarkan undang-undang perihal masalah migrasi.

* Nasional jangka panjang

Terakhir, yang bersifat nasional tetapi jangka panjang. Pemerintah perlu untuk perencanaan pembangunan kota-kota baru.