Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

Masyarakat merupakan kelompok sosial. Dalam masyarakat terdapat sekumpulan kecil kelompok sosial yang saling bersatu satu sama lain. Secara umum, kelompok sosial terbentuk karena adanya kesamaan atau kedekaan tiap tiap individu. Kedekatan antar individu itu biasanya karena adanya kebersamaan atau keseringan bersama antar individu, sehingga terbentuklah kelompok sosial. Selain itu, kesamaan biasanya karena adanya kesamaan antar individu, misalnya sama sama menyumai sepak bola, sehingga terbentuklah kelompok sosial pecinta bola, dan lain sebagainya.

Bentuk – bentuk kedekatan yang dimaksud merupakan kedekatan geografis atau kedekatan tempat tinggal dari suatu individu-individu dalam suatu masyarakat. Kelompok individu yang memiliki kedekatan dalam tempat tinggal akan membuat para anggotanya menjadi lebih sering berinteraksi. Misalnya, jika individu berasal dari daerah yang berbeda beda. Jika tinggal pada sebuah kontrakan yang sama, akan muncul kedekatan dan terbentuk kelompok sosial.

Selain kedekatan yang bersifat karena kebersamaan. Adapula kedekatan yang disebabkan oleh letak geografis suatu daerah. Misalnya individu yang sedang merantau kepusat kota. Ketika bertemu dengan orang yang ternyata berasal dari kampung halaman yang sama, sehingga terbentukklah kelompok sosial pula. Hal tersebut disebabkan karena tempat tinggal merupakan tempat dimana seseorang tinggal untuk waktu yang lama atau dalam jangka waktu tertentu. Contoh lain misalnya, orang – orang yang tinggal didataran rendah dengan mata pencaharian sebagai petani. Orang – orang yang tinggal didaerah pesisir yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Dengan kedekatan tempat tinggal pada masing – masing daerah tadi. Maka bukanlah tidak mungkin mereka akan membentuk kelompok sosial yang didasari atas tempat tinggal dari wilayah mereka.

Faktor yang disebabkan karena adanya kepentingan atau hobi yang sama juga memengaruhi terbentuknya kelompok sosial. Memiliki keahlian yang sama juga akan menyebabkan terbentuknya kelompok sosial. Misalnya, orang yang mahir dalam berbahasa inggris akan mudah beegaul dengan orang yang mahur berbahasa inggris pula. Selain itu, orang yang mahir melukis juga akan bergaul dengan pelukis pula.

Kelompok sosial karena profesi juga ada. Misalnya, orang yang berprofesi sebagai seorang marketing. Dia juga akan memiliki banyak kawan yang memiliki profesi marketing pula. Seorang yang berprofesi menjadi seorang kuli bangunan, kawanannya pula akan menjadi seorang kuli bangunan juga. Begitu juga dengan profesi profesi lainnya.

Faktor darah atau keturunan juga memengaruhi terbentuknya kelompok sosial. dalam kelompok sosial ini, biasanya beekaitan dengan marga keturunan. Misalnya, marga Wijaya akan ada kedekatan dengan wijaya lainnya, meskipun sebelumnya tidak saling kenal.

About the Author: materi ilmu