Fungsi Sosial Dalam Menangani Gejala Sosial

Ilmu sosiologi berkaitan dengan masyarakat, baik itu individu maupun kelompok. Ilmu sosiologi juga me mbantu dalam memecahkan berbwgai masalah sosial, seperti konflik antar kelompok, disintegrasi sosial, masalah finansial dan sebagainya. Memang, dalam ilmu sosiologi tidak memecahkan masalah secara utuh. Tapi, setidaknya ilmu sosiologi mengenali sebab akibat permasalahan tersebut terjadi.

1. Pengertian Sosiologi

Secara etimologis, Sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Socius (Latin) artinya teman, sedangkan logos (Yunani) artinya perkataan atau pembicaraan. Sehingga sosiologi diartikan sebagai membicarakan, memperbincangkan teman pergaulan. Atau sosiologi merupakan ilmu yang membahas tentang hubungan antara manusia satu dengan manusia lain dalam hidup bermasyarakat.

Secara umum, terdapat empat ciri-ciri sosiologi, yakni empiris, teoritis, kumulatif, dan non-etis.

Pertama, ciri teoritis adalah selalu beeusaha menyusun abstraksi dari observasi konkret di lapangan. Kedu, empiris adalah didasarkan observaai dan bukan spekulasi. Ketiga, kumulatif adalah teori teori yang terbentuk berdasarkan yang sudah ada. Keempat, non etis adalah memersoalkan dan menjelaskan fakta secara analitis.

Secara umum objek kajian sosiologi berkaitan dengan hubungan antar manusia. Sedangkan secara umum, dibedakan menjadi dua, yakni objek material dan objek formal. Objek material meliputi gejala umum dan proses hubungan manusia yang memengaruhi kesatuan hidup manusia. Sedangkan objek formal berkaitan dengan akibat dari proses hubungan tersebut.

2. Peran dan kanfaat sosiologi

Sosiologi pun memiliki peran dalam bidang pembangunan, diantaranya sebagai berikut

  • Perencanaan Tahap perencanaan perlu diadakan identifikasi terhadap berbagai kebutuhan masyarakat, misal lapisan sosial, saluran komunikasi, kekuasaan dan sebagainya.
  • Pelaksanaan Dalam tahap pelaksanaan perlu dilakukan penyorotan terhadap kekuatan dalam masyarakat dan pengamatan terhadap perubahan yang terjadi. Adapun dalam tahap evaluasi diadakan analisis terhadap efek pembangunan.
  • EvaluasiTahap evaluasi dilakukan dengan menganalisis terhadap dampak pembangunan. Evaluasi dapat digunakan untuk menilai keberhasilan pembangunan, dan diidentifikasi kekurangan, kemunduran, atau kemerosotan. Sehingga dapat dilakukan pengadaan, penambahan, dan peningkatan secara seimbang.

Selain itu, selain dalam hal peran. Sosiologi juga memiliki peran dalam hal perencanaan pembangunan, diantaranya sebagai berikut.

Pertama, membantu dalam merubah dari tradisional menjadi modern. Kedua, memahami hubungan manusia di lingkungan antar golongan. Selanjutnya, Untuk mengetahui tingkat ketertinggalan dan kemajuan masyarakat.

About the Author: Zacky