Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial adalah ketidakberdayaan atau ketimpangan sosial dalam masyarakat yang menjadikan perbedaan yang mencolok dalam masyarakat. Kesenjangan sosial ditandai dengan adanya peluang dan manfaat yang tidak sebadan dengan posisi sosial yang berbeda dalam suatu status atau kelompok masyarakat. Kesenjangan sosial tersebut, dapat dilihat dari tidak samanya proporsi barang atau jasa , imbalan , kekayaan , kesempatan dan hukuman yang didapatkan antar masyarakat dibanding usaha atau pengeluarannya.

Kesenjangan sosial ekonomi

Kesenjangan sosial ekonomi adalah suatu gejala yang ada dalam masyarakat karena ketidaksaamaan dalam bidang finansial dan lains ebagainya dalam masyarakat tersebut. Kesenjangan sosial ekonomi, sebenarnya merupakan kesenjangan antara sosial dan ekonomi.

Kesenjangan ekonomi

Kesenjangan ekonomi berkaitan dengan jumlah pendapatan perindividu. Kesenjangan yang dimaksud disini adalah ketidak seimbangnya pendapatan dan pengeluaran individu. Sebab itulah, terjadi ketimpangan antara masyarakat kelas menengah ke bawah dan ke atas dalam lapisan masyarakat.

Adapun penyebab dari kesenjangan sosial ekonomi, diantaranya:

  • Perbedaan sumber daya alam
  • Kebijakan pemerintah
  • Pengaruh globalisasi
  • Letak geografis
  • Letak demografis
  • Ketidak merataan pembangunan
  • Ketidak sesuaian pendapatan perkapita
  • Pencemaran lungkungan alam

Nah, lantas bagaimana sih, cara mengatasi kesenjangan sosial?

Berikut penjelasannya.

Memberikan hak yang sama antara kaum kelas menengah ke atas maupun ke bawah. Baik itu dalam hal kesehatan dan pendidikan. Misalnya dengan program asuransi atau beasiswa. Karena sejatiny, adil bukanlah menyamaratakan, melainkan memproporsinalkan. Tingkat pengangguran di Indonesia sebenarnya lumayan tinggi, hal tersebut dikarenakan minimnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Bahkan biasanya, nepotisme masih berlaku di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu, meratakan pembangunan di berbagai wilayah juga penting. Karena dengan meratanya fasilitas di berbagai daerah, akan memudahkan penduduk. Masyarakat tidak lagi harus ke luar kota untuk memerolah kesehatan atau pekerjaan yang layak jika di daerahnya sudah disediakan.

Itulah pembahasan mengenai kesenjangan sosial. Jika disimpulkan secara umum, hal tersebut disebabkan karena ketidak merataan fasilitas pemerintah untuk masing-masing wilayah di Indonesia. Selain itu, kurangnya kesadaran diri jug memicu adanya kesenjangan sosial.

About the Author: materi ilmu