Macam – macam Instrumen Hak Asasi Manusia

Setiap manusia memiliki hak masing-masing yang sudah ada sejak lahir dan merupakan anugrah dari Tuhan. Akan tetapi, hak asasi tiap tiap orang perlu dibatasi. Hal tersebut dikarenakan untuk mengurangi bentrokan tuntutan hak tiap tiap individu. Hal yang membatasi Hak Asasi Manusia disebut sebagai Instrumen HAM. Secara umum, instrumen HAM, dibedakan menjadi dua, yakni instrumen HAM Internasional dan Instrumen HAM nasional. Untuk lebih jelasnya, perhatikan rincian berikut ini.

1. Instrumen HAM Internasional

Instrumen HAM Internasional adalah peraturan hak asasi manusia yang jangkupannya sangat luas, yakni mencakup selauruh dunia. Negara yang terjangkit yang sudah saling sepakat diharuskan untuk saling patuh satu sama lain. Karena sejatinya, instrumen internasional merupakan hal yang sudah dirumuskan bersama oleh negara-negara yang bersangkutan.

a. Piagam PBB
Piagam PBB ini merupakan deklarasi pendirian PBB, tahun 1945. Ditanda tangani oleh lima puluh anggota asli PBB tepatnya tanggal 26 Juni 1945. Kemudian dianggap sebagai berdirinya Perserikatan Bangsa-Banga adalah 24 Oktober 1945t, karena lima anggota pendiri, yaitu Republik Tiongkok(RRC) , Uni Sovyet, Britania Raya (Inggris), dan Amerika Serikat baru selesai meratifikasi di negaranya masing-masing.
Instrumen ini adalah instrumen HAM pertama yang telah diakui secara keseluruhan di dunia. Meskplipun peraturannya masih umum dan tidak terlalu spesifik. Dalam salah satu pasal dalam PBB dijelaskan bahwa tiap daerah memiliki wewenang masing-masing yang memajukan perdamaian dunia, khususnya yang tergabung dalam PBB.

b. Universal Declaration of Human Rights
Instrumen ini ditandagangani pada tanggal 10 Desember 1948. Dalam hak asasi ini yang ditandatangani oleh ketua wanita pertama, yakni Eleanoor Roosevelt. Dalam instrumen tersebut berisi tentang hak asasi anak anak, gak asasi pribadi, dan hak asasi wanita. Sayangnya, i strumen ini belum mencakup hukum yang memadai.

2. Instrumen HAM Nasional

Instrumen ini adalah instrumen yang berlaku di Indonesia dan sudah dijelaskan dalam Undqng Undang pada alinea pertama, bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Selain hal tersebut adapula beberapa hak instrumen nasinal yang sudah diklarifikasi secara internasional, yaitu sebagai berikut.

a. Undang Undang
Undang-undang yang paling elngkap tentang Ham adalah UU nomor 39 tahun 199. Undang-Undang ini berisi tentang pengakuan terhadap berbagai konvensi internasional tentang HAM, tentang Ham dalam UUD 1945, dan HAM dalam Tap MPR. Selanjutnya, Undang-Undang ini mengatur berbagai hak yang belum diatur secara detil oleh instrumen HAM lain, seperti hak-hak wanita dan hak-hak anak.

b. Tap MPR
Tap MPR merupakan pendukung dari UUD 1945. Selain itu, dalam TAP MPR terdapat satu bab utama yang membahas hak asasi manusia, yakni tentang HAM adalah Nomor XVII tahun 1998.antara lain berbunyi: memberi ijin untuk meratifikasi konvensi HAM, selanjutnya memberi pemahaman tentang Hak asasi manusia.

About the Author: materi ilmu