Macam-macam Sistem Pemerintahan di Dunia

Materi ilmu.com – Sistem pemerintahan merupakan tatanan tau cara yang digunakan oleh pemerintah untuk mengatur sebuah Negara. Baik negara maju dan negara berkembang memiliki sistem-sistem tersendiri. Sistem pemeintahan dikatakan juga sebagai atuan dasar sebuah negara. Misalnya, untuk negara Indonesia sendiri, menggunakan sistem pemerintahan pesidensial. Secara singkat, sistem pemerintahan presidensial adalah sistem pemerintahan yang kekuasaan tertinggi dimiliki oleh Presiden.

Nah, lantas bagaimana macam-macam sistem pemerintahan di dunia?

Berikut ini macam-macam sistem pemerintahan dan penjelasannya.

  1. Sistem Pemerintahan Liberal
    Sistem Pemerintahan Liberal adalah sistem pemeintahan yang memiliki kebebasan aturan, dan kebebasan tersebut digunakan sebagai landasan pengambilan keputusan dan kebijakan. Dalam sistem pemerintahan ini secara garis besar, pemerintah pusat tidak terlalu ikut andil dalam pengambilan kebijakan, karena mayoritas kebijakan dijalankan pihak-pihak swasta di luar pemerintahan.
  2. Sistem pemerintahan Komunis
    Sistem pemerintahan Komunis adalah sistem pemerintahan yang menganut paham komunisme. Dalam sistem pemerintahan ini, antara pihak pemerintahan dan masyarakat tidak ada kesenjangan kelas sosial. Dengan kata lain, sistem pemerintahan komunis menyamaratakan sesama, tidak ada yang kaya, dan tidak ada yang miskin.
  3. Sistem Pemerintahan Parlementer
    Sistem Pemerintahan Parlementer adalah sistem pemerintahan yang di mana pihak parlementer memiliki wewenang secaa utuh dalam tatanan negaa. Dalam sistem pemerintahan ini, pihak parlemente berhak untuk mengatur negara dengan cara mengangkat maupun menjatuhkan perdana menteri dan sistem pemerintahan itu sendiri.
  4. Sistem Pemerintahan Presidensial
    Sistem Pemerintahan Presidensial adalah sistem pemerintahan yang kekuasaan tetinggi dimiliki oleh presiden. Dalam sistem pemerintahan ini, presiden memiliki hak spesial dalam mengambil berbagai macam keputusan atau menyetujui keputusan pedana menteri maupun rakyatnya.
  5. Sistem Pemerintahan Semi Presidensial
    Sistem Pemerintahan Semi Presidensial sistem pemerintahan yang memadukan antaa sistem pemeintahan palemente dan pesidensial, di mana yang kekuasaan tetinggi dimiliki oleh presiden dan palemen-palemen yang bewwrnang. Dalam sistem pemerintahan ini, presiden dan pihak parlemente sama-sama memiliki hak spesial dalam mengambil berbagai macam keputusan atau menyetujui keputusan pedana menteri maupun rakyatnya.
  6. Sistem Pemerintahan Kerajaan/Kekaisaran
    Sistem Pemerintahan Kerajaan/Kekaisaran adalah sistem pemerintahan yang kekuasaan tetinggi dimiliki oleh pihak kerajaan atau kaum bangsawan. Dalam sistem pemerintahan ini, raja atau kaisar memiliki hak spesial dalam mengambil berbagai macam keputusan atau menyetujui keputusan pedana menteri maupun rakyatnya.
  7. Sistem Pemerintahan Militer
    Sistem Pemerintahan Militer adalah sistem pemerintahan yang kekuasaan tetinggi dimiliki oleh pihak-pihak militer. Dalam sistem pemerintahan ini, pihak militer memiliki hak spesial dalam mengambil berbagai macam keputusan atau menyetujui keputusan pedana menteri maupun rakyatnya. Oleh sebab itulah, negara yang menganut sistem pemeintahan ini, akyat akan bebondong-bondong menjadi anggota militer.

Demikian artikel pembahasan tentang maca-macam sistem pemerintahan di dunia. semoga bermanfaat!!