Metode Penelitian Sosiologi

Penelitian bukan hanya berkaitan dengan saintek saja. Ranah sosial pun memiliki metode penelitian pula. Sosiologi salah satunya. Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mempelajari tentang metodologi penelitian dan ilmu tentang alat untuk penelitian.

Berikut adalah metodologi penelitian sosiologi

1. Merumuskan masalah
Pertama, harus menentukan bahasan utama yang ingin diteliti metode ilmiah. Bagusnya oermasalahan yang diteliti menentukan bobot penelitian ilmiah.

2. Meninjau kepustakaan
Memahami dasar atau konsep penelitian juga penting. Hal ini untuk mengetahui patokan teori yang dapat diimplementasikan dalam penelitian sosiologi tersebut. Sejatinya, penilitian sosiologi juga harus dikaitkan dengan teori yang baik dan tidak mengada ngada atau hanya sekedar berpendapat.

3. Hipetesis
Merumuskan permasalahan dan kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi. Baiknya, lebih dari satu.

4. Merencanakan desain penelitian
Menguraikan apa yang perlu ditelaah, data apa yang perlu dicari, di mana, bagaimana mengumpulkan, mengolah dan menganalisisnya.

5. Mengumpulkan data
Hal yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu mengumpulkan data. Data yang digunakan tentunya berdasarkan hasil observasi. Data data ini digunakan untuk mengatasi kesulitqn kesulitan yang tak kemungkinan terjadi.

6. Menganalisis Data
Membuat klasifikasi tabel dan memperbandingkan data, melaksanakan berbagai pengujian dan perhitungan yang diperlukan untuk menemukan hasil. Data yang dianalisis harus data yang benar benar ditemukan. Sangat tidak diijinkan jika data tersebut merupakan karangan.

7. Menarik kesimpulan
Setelah mengumpulkan data dan data tersebut di analisis. Selanjutnya untuk menyimpulkan dari hasil penelitian. Misalnya, membenarkan kesimpulan kesimpulan yang bakal terjadi. menyamaratakan teori yang berkaitan. Dan apakah penelitian sudah berada pada jalan yang benar. Apa manfaat penelitian sosiologi tersebut, dan lain sebagainya.

8. Mengulang penelahaannya
Setelah menarik kesimpulan. Peneliti perlu untuk membuat kesimpulan secara umum. Bisa pula untuk menguji berdasarkan sampel sampel lainnya untuk menguji penelitian sosiologi tersebut.

About the Author: materi ilmu