Organisasi Anti Korupsi di Indonesia

Korupsi merupakan tindakan yang tidak terpuji. Di Indonesia, korupsi memiliki arti mengambil uang negara atau perusahaan dan memasukkan ke rekening pribadi pelaku. Di Indonesia marak sekali korupsi dan lihai dalam menyembunyikan barang bukti. Adapun yang menyebut bahwa korupsi telag mendarah daging di Indonesia, sehingga sulit sekali untuk dimusnahkan. Bagaikan ranting pohon, sebanyak apapun mematahkan ranting pohon. Ranting lainnya akan tumbuh kembali.

Sebab itulah, untuk mengurangi adanya korupsi, warga Indonesia perlu meningkatkan kesadaran diri dengan cara mengadakan workshop anti korupsi dan mendirikan organisasi anti korupsi. Sebenarnya, sudah terdapat lembaga yang mewadahai dan memegang kendali tentang korupsi, yakni Transparency International, ICW.

Transparency international

Transparency Internasional adalah sebuah Non-Governmental Organization yang memfokuskan diri untuk memberantas praktek praktek korupsi dan berusaha untuk membuat dunia yang bebas dari tindakan-tindakan korupsi sehingga terciptalah dunia yang terlepas dari dampak buruk tindakan-tindakan korupsi tersebut. Lembaga ini awalnya berdiri di Berlin, Jerman tepatnya tahun 1993.

Lembaga transparency internasional dibentuk dengan tujuan untuk memberantas korupsi dunia. Korupsi yang dimaksud bukan hanya beefokus pada lembaga ekonomi saja, melainkan juga lembaga sosial maupun politik.

ICW

ICW adalah lembaga nirlaba yang terdiri dari sekumpulan orang yang memiliki komitmen untuk memberantas korupsi melalui usaha-usaha pemberdayaan rakyat untuk terlibat/berpartisipasi aktif melakukan perlawanan terhadap praktik korupsi. Berbeda dengan transperency international, ICW didirikaj di Indonesia pada tahun 1998 di Indonesia. Tepatnya pada masa pemerintahan Soeharto.

Transparency International Indonesia

Organisasi ini merupakan anak dari organisasi anti korupsi dunia. Hanya saja, ini berfokus di Indonesia saja. Organisasi ini lebih dikenal dengan TII. TII adalah jaringan global NGO antikorupsi yang mempromosikan transparansi dan akuntabilitas kepada lembaga-lembaga negara, partai politik, bisnis, dan masyarakat sipil. Organisasi ini terlibat dalam berbagai hal yang berkaitan dengan korupsi di berbagai daerah di penjuru Indonesia.

Perwujudan organisasi TIIi sistem organisasinya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Jerman. TII juga memberantas korupsi di dunia juga, tetapi lebih fokus Indonesia. Khususnya pada masa itu berada di daerah Jakarta. Awalnya banyak yang tidak menyetujui berdirinya organisasi ini di Indonesia. Tetapi, seiring berjalannya waktu dan berbagai kasus korupsi yang kian menambah dari waktu ke waktu. Organisasi ini dapat diterima oleh berbagai khalayak dalam negeri dan luar negeri.

About the Author: materi ilmu