Pengertian, Fungsi, dan Tujuan NKRI

Indonesia merupakan negara yang memiliki kesadaran NKRI sangat minim. Masih banyak yang tidak mengakui budayabatau agama lain. Kurangnya toleransi juga menyebabkan tepecah belahnya bangsa Indonesia. Sebab itulah perlu memahami arti pentingnya NKRI. Baik iti dari segi pengertian, fungsi, dan tujuan.

Pengertian

Indonesia terdiri dari berbagai budaya. Sebab itulah untuk menjaga keutuhan negara Indonesia perlu untuk menjaga NKRI. NKRI sendiri memiliki arti suatu bentuk negara yang terdiri atas wilayah yang luas dan tersebar dengan bermacam adat, suku, keyakinan serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. NKRI sendiri sebenarnya sudah tercantum dalam Undang-Undang Dasar1945, pasal 1 ayat 1. Pasal tersebut berbunyi Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik.

Fungsi

NKRI dalam Indonesia juga memiliki fungsi lain selain dari menjaga keutuhan negara agar tidak terpecah belah. Saling menghargai juga salah satu dari hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam menjaga keutuhan. Berikut penjelasannya secara rinci.

1. NKRI memiliki fungsi untuk mengantisipasi adanya ancaman atau hal yang merugikan bangsa Indonesia. Baik itu ancaman dari luar maupun ancaman dari dalam. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup rakyat Indonsesia.
2. Negara berfungsi sebagai stabilisator. Hal ini, Indonesia berperan untuk menstabilkan dan mencegah terjadinya hal hal buruk terhadap Indonesia. Selain itu, untuk memaksimalkan dan mencapai tujuan bersama.
3. Bangsa Indonesia berperan untuk mengusahakan kemakmuran, kesejahteraan, serta keadilan bagi rakyatnya.
4. Menegakkan keadilan dan mesnyelaraskan hukum agar tidak terjadi tumpang tindih keadilan. Perlu diingat, bahwa adil itu proporsional, bukan sama rata.

Tujuan

1. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
2. Melindungi segenap rakyat Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
Selaij itu, terdapat seorang tokoh yang mengungkapkan tujuan dari negara, yakni Agustinus dan Thomas Aquinus. Beliau mengungkapkan bahwa tujuan Negara ialah mencapai kehidupan dan penghidupan yang aman dan tentram dengan taat dan dibawah pimpinan Tuhan YME.
3. NKRI beetanggung jawab untuk menyelenggarakan kemakmuran bangsa Indonesia. Baik makmur dalam hal sandang, pangan, dan papan.

About the Author: materi ilmu