Peranan Indonesia dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

Dalam menyatukan negara-negara lain untuk bekerja sama, tentunya diperlukan untuk membuat sebuah organisasi yang memfasilitasi hukum internaaional. Di mana anggotanya perwakilan tiap-tiap negara. Termasuk Indonesia memerankan dalam mencapai perdamaian dunia. PBB awalnya berdiri dengan pembentukan Liga Bangsa-Bangsa pada tanggal 10 Januari 1920 yang dipimpin oleh presiden Amerika, yakni Wodrow Wilson. Perserukatan Liga Bangsa Bangsa tersebut memiliki tujuan utama, diantara meningkatkan kerjasama internaaional dan perdamaian internasional.

A. PBB

Indonesia menjadi anggota PBB, memiliki peranan penting dalam perdamaian dunia. Peran tersebut baik berbentuk langsung maupun tidak langsung. Adapun fungsi peran bangsa indonesia dalam PBB, diantaranya

1. Indonesia turut andil dalam perdamaian dunia, misalnya tergabung dalam Konferensi Asia Afrika, ASEAN, dan Gerakan Non-Blok

2. Ketika tergabung dalam PBB, indonesia turut memberikan bantuan ke Ethiopia dalam waktu adanya kelaparan di sana. Tepatnya pada tahun 1985.

3. Paxa kurun waktu 1973-1974, Indonesia pernah ditunjuk sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

4. Penyumbang pasukan / Polisi / Troops / Police (Kontributor Negara) dengan jumlah personil sebanyak 1.618. Saat ini Indonesia sudah terlibat secara aktif di 6 UNPKO yang tersebar di 5 Negara.

B. ASEAN

Selain ikut andil dalam PBB, Indonesia juga ikut serta dalam ASEAN, Konferensi Asia Tenggara. Dalam ASEAN, Indonesia juga Meliki peranan penting dalam mewujudkan perdamaian dunia, diantaranya.

1. Indonesia merupakan salah satu negara pencetus berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

2. Dalam masalah Indocia, Indonesia menjadi penengah pada pihak-pihak yang sedang bersengketa. Dengan tujuan menjaga stbilitas Asia Tenggara.

3. Selama Konflik di Kamboja, Indonesia menyumbang banyak jasa dalam mengurangi ketegangan konflik antara pihak-pihak yang berasangkutan..

4. Indonesia merupakan negara penyelenggara KTT pertama, tepatnya pada tanggal 23-23 Desember 1976 di Denpasar Bali.

5. Indonesia pernah menjadi tuan rumah untuk pembuatan Pupuk ASEAN, tepatnya di daerah Aceh. Berkaitan dengan hal tersebut, Indonesia mampu mengurangi angka pengangguran.

7. Pada kegiatan KTT ASEAN, tepatnga pada yang ke-9 tanggal 7-8 Oktober 2003 di Bali, Indonesia adalah negara yang mengusulkan pembentukan komunitas ASEAN (Asean Community). Dalam komunitas ini, mencakup berbagai bidang yang mampu memicu perdamaian dunia, cakupan bidang tersebut meliputi bidang keamanan, sosial – kebudayaan, dan ekonomi.

Dengan Indonesia ikut serta dalam anggota PBB maupun ASEAN, berarti Indonesia ikut andil dam miliki peranan penting dalam mewujudkan perdamaian dunia. Bukan hanya sebagai penengah atau pembantu negara yang sedang terjadi perpecahan, tetapi juga sebagai penanggung jawab dalam bidang apapun.