Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Materii Ilmu – Apa sih perbedaan negara maju dan berkembang? Secara keseluruhan negara-negara di dunia dibagi menjadi dua macam, yakni negara maju dan negara bekembang. Negara-negara tesebut dibedakan bedasarkan indikator-indikator tertentu, meliputi pendapatan pekapita, laju pertumbuhan hidup, kemajuan ilmu pengetahuan, sistem pendidikan dan sebagainya.

Sebelum membedakan antara negara maju dan berkembang, tentunya lebih baik jika mengetahui pengertian negara maju dan negara bekembang.

Perbedaan “negara maju” adalah negara yang memiliki standar teknologi yang tinggi, pengetahuan dan status ekonomi terbagi secara merata. Sedangkan “negara bekembang” adalah memiliki tingkat industri dan teknologi rendah. Negara berkembang biasa disebut juga negara yang sedang mengembangkan industi atau teknologi.

Perbedaan negara maju dan berkembang

  • Negara maju memiliki mutu pendidikan yang tinggi, karena pihak pemerintah sudah mewadai fasilitas pendidikan sehingga dalam penguasaan IPTEK sangat tinggi. Sedangkan Negara bekembang dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi masih kurang, karena rendahnya pola pendidikan dan masih belum merata.
  • Negara maju memiliki pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan negara berkembang. Di mana pendapatan PDB dijadikan tolok ukur dalam menentukan tinggi rendahnya pendapatan suatu negara.
  • Karena negara maju memiliki tingkat fasilitas yang lebih baik dari negara bekembang, maka fasilitas dalam hal kesehatan dan keselamatan lebih baik dibandingkan negara bekembang. Bahkan, ada bebeapa fasilitas kesehatan yang hanya ada di negara maju saja.
  • Sumber daya Efektif dan Efisien di negara maju digunakan dan dimanfaatkan secara baik dan tepat.sedangkan negara berkembang masih belum memanfaat kan sumber daya meeka sendiri, sehingga negara bekembang lebih suka mengajak negara maju untuk membantu mengelolanya.
  • Sumber Daya Manusia negara maju lebih baik dibandingkan negara bekembang. Dalam negara maju, tingkat melek baca tulis sangat tinggi. Sedangkan di negara berkembang tingkat buta hurufnya yang lebih tinggi.
  • Di negara maju tingkat kelahiran dan kematian rendah, sedangkan di negara bekembang tingkat kematian dan kelahiran sangat tinggi. Sebab. Negara maju paham akan pentingnya perencanaan keluarga, fasilitas kesehatan yang baik, penundaan umur pernikahan dini.
  • Negara maju lebih disiplin dalam mengelola waktu, sehingga dapat mengoptimalkan sumbedaya dengan baik dan maksima untuk meningkatkan pertumbuhan pembangunannya.

Sahabat Materi Ilmu, demikianlah artikel pembahasan tentang perbedaan negara maju dan berkembang.