Peristiwa Penting Sebelum Kemerdekaan

Indonesia merdeka secara resmi dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada tanggal tersebut, sebelumnya telah terjadi rentetan peristiwa penting. Peristiwa tersebut diantaranya berkaitan dengan perencanaan kemerdekaan. Berikut adalah ringkasan peristiwa penting sebelum kemerdekaan.

Pertama, pada tanggal 6 agustus 1945. Terdapat 2 bom atom dijatuhkan ke dua kota di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat. Hal Ini menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Peristiwa penting ini pun dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya lebih dulu.

7 agustus 1945. BPUPKI telah resmi berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) gun memersiapkan kemerdekaan Indonesia yang akan dideklarasikan pada tanggal 17 agustus 1945.

9 agustus 1945. Para perencana kemerdekaan, yakni Soekarno, Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi. Mereka dikabarkan bahwa pasukan Jepang sedang menuju kehancuran tetapi Jepang menginginkan kemerdekaan Indonesia pada 24 Agustus.

10 agustus 1945. Kabar tentang negara Jepang yang telah menyerah kepada sekutu telah menyebar melalui radio dan sutan syahir telah mengetahuinya.

11 agustus 1945. Jepang melalui Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam, mengatakan kepada Soekarno, Hatta dan Radjiman bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dilaksanakan dalam beberapa hari lagi.

15 agustus 1945. Soekarno dan Hatta diminta untuk segera mempersiapkan pertemuan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada pukul 10 malam 16 Agustus keesokan harinya di kantor Jalan Pejambon No 2 guna membicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan UUD yang sehari sebelumnya telah disiapkan Hatta. Hal tersebut telah didiskusikan sebelum mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia esok hari.

17 agustus 1945. Hari kemerdekaan Indonesia. Pada hari ini soekarno mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia untuk pertama kali. Pembacaan tersebut beeada di jalan oegangsaan no 56. Berikut bunyi teks proklamasi kemerdekaan. Bungi teks proklamasi berikut ini masih menggunakan ejaan lama.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta

Teks asli proklamasi tersebut diketik oleh suyuti melik. Di mana sebelumnya, teks proklamasi tersebut digunakan untuk seragam.

About the Author: Zacky