Permasalahan Sosial Dalam Masyarakat

Permasalahan sosial adalah suatu hal yang tidak sesuai atau tidak sejalan dengan apa yang ada di masyarakat. Permasalahan sosial biasanya terjadi karena akibat dari proses kehidupan di masyarakat. Dengan kata lain, permasalahan sosial dapat memicu perubahan sosial. Permasalahan sosial dibedakan dalam dua bentuk, yaitu manifest social problem dan latent social problem. Manifest Social Problem adalah masalah sosial yang dampaknya langsung dirasakan masyarakat. Adapun latent social problem adalah masalah sosial yang tidak tampak (tersembunyi) sehingga dampaknya tidak langsung dirasakan oleh masyarakat.

Adapun beberapa faktor yang memengaruhi permasalahan sosial, diantaranya faktor ekonomi biologi, budaya, psikologi. Pertama, faktor ekonomi berkaitan dengan pendapatan dan kekayaan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kedua, faktor budaya berkaitan dengan latar belakang terjadinya masalah sosial yang seperti adat istiadat. Ketiga, faktor biologis merupakan permasalahan sosial yang disebabkan penyakit, baik itu sakit fisik maupun psikis. Keempat, faktor psikologis yaitu berkaitan dengan gangguan kejiwaan.

Nah, lantas jika terdapat permasalahan sosial dalam.masyarakat bagaimana cara mengatasinya? Berikut paparannya

Mensosialkan nilai dan norma. Permasalahan sosial dapat dicegah adanya upaya prefentif. Untuk mencegah adanya upaya prefentif, tentunya diharuskan mensosialkan nilai dan norma. Selanjutnya, mempertegas sangsi bagi prapelanggar. Memepertegas sanksi memiliki tujuan agar pra pelanggar berpikir ulang sebelum untuk melakukan pelanggaran. Semakin keras konsekuensi yang akan didapatkan, maka tentunya semakin besar pula pertimbangan yang harus dipertimbangkan oleh ora pelanggar. Selain itu, menyediakan modal usaha juga dapat mengatasi permasalahan sosial. Bantuan usaha melalui sistem pemantauan dapat menyelesaikan permasalahan kemiskinan dan pengangguran. Selanjutnya, meningkatkan pemerataan pembangunan. Menyamaratakan pembangunan juga penting dalam mengatasi permasalahan sosial. Karena dengan ratanya pembangunan di setiap daerah, baik itu dalam hal pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan lain sebagainya. Dapat mengurangi atau menekan angka pengangguran maupun kematian.

Contoh permasalahan sosial

1. Kenakalan remaja
Kenakalan remaja merupakan hal yang lumrah bagi kaum remaja. Tapi ada pula ke akalan tersebut yang berlebihan, misalnya tawuran, minuman keras, bolos sekolah, mengonsumsi narkoba, dan bahkan melakukan seks bebas.

2. Kesenjangan sosial
Kesenjangan sosial jika ditinjau dari teori sistem sosial Talcott Parsons merupakan ketidaksesuaian antara realitas sosial dan fungsi dalam sistem sosial. Kesenjangan sosial dapat muncul akibat keseimbangan sistem sosial terganggu.

3. Kemiskinan
kemiskinan merupakan permaslagan sosial karena tidak terpenuhnya kebutuhan sosial yang terus meningkat. Biasanya, kemiskinan dipicu karena kurangnya minat dalam pendidikan maupun kurangnya lahan pekerjaan.

4. Masalah kependudukan
Masalah kependudukan berkaitan dengan tingkat kematian dan kelahifan yang tidak stabil. Biasanya disebabkan kurangnya penyuluhan program KB, maupun kudang sadarnya akan pentingnya kesehatan.

About the Author: materi ilmu