Persebaran budaya Nasional

Persebaran budaya Nasional – Kebudayaan nasional merupakan budaya yang diakui identitasnya di Indonesia. Indonesia merupakan negara keberagaman budaya yang sangat tingi. Hampir tiap daerah memiliki budaya sendiri yang berbeda dengan budaya di daerah lain. Hal tersebut disebabkan oleh letak geografis suatu wilayah.

Di Indonesia terdapat banyak kebudayaan nasional yang dapat dilihat secara umum. Jika diperhatikan secara lebih rinci, kebudayaan yang berbeda di tiap wilayah bukanlah perbedaan, melainkan keberagaman Indonesia. Meskipun berbeda-beda tetap satu, layaknya semboyan negara Indonesia yang tertulis di lambang negar, “Bhineka Tunggal Ika”.

Berikut adalah keberagaman budaya di Indonesia.

  1. Rumah adat

Rumah adat adalah bentuk atau jenis rumah yang khas di suatu wilayah. Di sini, yang dimaksud adalah wilayah tingkat provinsi. Misalnya, Papua dengan rumah honainya , Maluku dengan balieunya, Gorontalo dengan bandayo po boide, Sulawesi tengah dengan souraja,  dan lain-lain sebagainya.

  1. Upacara Adat

Upacara adat adalah tradisi yang terus turun temurun dari generasi nenek moyangnya yang berbentuk macam-macam dan bersifat sangat sakral. Misalnya,  Aceh (peucicap, peutron aneuk), Sumatra barat (tabuik, bajamba), Jawa barat (seren taun), Kalimantan selatan (aruh baharin), Toraja (mapasilaga todong), Bali (ngaben), Maluku (pukul sapu), Papua (barapen), dan lain sebagainya.

  1. Tarian

Bentuk tarian dengan wilayah yang satu dengan wilayah yang lain juga berbeda. Jenis tarian itulah yang menunjukkan identitas wilayah. Misalnya provinsi aceh yang terkeal dengan tarian saman, dan lain-lain.

  1. Pakaian adat

Pakaian adat juga menjadi ciri identitas di suatu wilayah. Keberagaman bentuk pakaian adat di Indonesia dipengaruhi oleh budaya atau agama tertentu disuatu wilayah yang bersangkutan pula. Bahkan, tidak jarang jika ada suatu wilayah yang memiliki pakaian adat yang lebih dari satu. Contoh keberagaman pakaian adat misalnya, provinsi Aceh (Ulee balang), Sumatra utara (ulos), Sumatra barat (anak daro), Bangka belitung (kain cual) dan lain-lain.