Perubahan Sosial dan Dampaknya

Waktu terus bergerak. Era modern zaman pun terus berubah. Sehingga masyarakat pun mengalami perubahan sosial. Modernisasi menjadi permasalah utama yang menyebabkan oerubahan sosial. Perubahan sosial tidak selalu bersifat negatif, ada pula yang bersifat positif. Berikut adalah dampak dari perubahan sosial

1. Dampak negatif

Dampak negatif perubahan sosial berkaitan dengan kejahatan, penurunan dalam masyarakat. Secara rinci, berikut dampak ndhatif dari perubahan sosial.

a. Diorientasi nilai
Adanya disorientasi nilai. Hal ini terjadi karena semakin tingginya kebutuhan masyarakat dan pihak yang berkaitan mengabaikannya.

b. Perilaku menyimpang
Perilaku mengimpang menjadi permasalahan yang mnjurus pada kegiatan yang beranah negatif. Misalnya, seka bebas, mengkonsumsi miras dan narkoba. Hal ini terjadi karena kurangnya pendidikan karakter dan norma yang diperoleh, khususnya kaum remaja.

c. Budaya konsumtif yang semakin besar
Menggunakan barang atau mengkonsumsi suatu hal sebagai lambang status atau kelas sosial.

d. Berkembangnya sifat individualisme
Masyarakat lebih sering berpikir pribari dan tidak memerdulikan sekitar. Ini terjadi di masyarakat perkotaan. Bahkan di era ini, sudah menjalar di berbagai wilayah, misalnya individu lebih suka bergaul dengan telepon genggamnya daripada masyarakat sekitar.

e. Banyak pengangguran
Di masa industrialisasi seharusnya tercipta banyak peluang usaha dan kesempatan kerja. Namun, sebagian anggota masyarakat tidak siap untuk menyesuaikan diri dengan pola industrialisasi, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengangguaran. Selain itu, industri industri ternama masih menjunjung tinggi nilai nepotisme.

2. Dampak positif

Selain dampak negatif yang telah dijabarkan. Adapula dampak positif dari perubahan sosial. Berikut uraian penjelasa dari dampak positif itu. Dampak positif secara umum mengarah ke sejahteraan masyarakat.

a. Muncul nilai dan norma baru
Karena zaman terus berubah. Bahwa norma yang sebelumnya berlaku akan tidak berlaku lagi, karena mengikuti modernisasi zaman. Sebab itulah, muncul norma atau aturan baru yang berlaku di masyarakat pada saat ini.

b. Struktur hubungan sosial baru
Karena adanya perubahan sosial. Munculah penghormatan pada kelompok sosial tertentu.

c. Terjadi diferensiasi struktur
Diferensiasi struktural yaitu berkembangnya lembaga-lembaga sosial baru, sehingga lebih memungkinkan anggota masyarakat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang semakin kompleks. Dengan demikian, diharapkan fungsi pemenuhan kebutuhan tersebut dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

d. Tingkat pendidikan semakin merata
Perkembangan fasilitas pendidikan, muncul jurusan jurusan baru dalam sebuah universitas tentunya akan meningkatkan mutu Sumber daya manusia. Apalagi, jika setiap daerah juga sudah memadai fasilitas pendidikan.

e. Pentingnya waktu
Masyarakat semakin mengahrgai waktu. Karena mereka memiliki semboyan bahwa waktu adalah uang. Sebab itulah mereka tidak akan lagi menyianyiakan waktu.

About the Author: materi ilmu