Prinsip Dasar Peta dan Klasifikasinya

Prinsip dasar peta dan klasifikasinya – Peta merupakan bentuk datar atau gambaran konvensional dari permukaan bumi yang diperkecil dengan menggunakan skala dan digambar di atas bidang datar sebagai kenampakan jika dilihat dari atas dan ditambah dengan tulisan sebagai identitas.

Dewasa ini, peta digunakan sebagai alat peraga untuk menujukkan lokasi atau kota yang terdapat di bumi. Karena pada hakekatnya, peta adalah alat peraga, karena dengan adanya peta, seseorang akan dapat menyampaikan suatu ide kepada orang lain. Ide tersebut dapat berupa gambaran, paparan, penjelasan, maupun reolika bumi dalam bentuk peta.

Klasifikasi peta

  1. Klasifikasi peta berdasarkan skala

Peta kadaster, berskala 1 : 100 – 1 : 5.000

Peta skala besar, berskala 1 : >5.000 – 1 : 250.000

Peta skala sedang, berskala 1 : >250.000 – 1 : 500.00

Peta skala kecil, berskala 1 : > 500.000 – 1 : 1.000.000

Peta geografi, berskala 1 : > 1.000.000

  1. Klasifikasi peta berdasarkan isinya

Peta umum, peta umum merupakan bentuk peta yang menggambarkan segala sesuatu yang ada dalam suatu daerah yang dipetakan. Misalnya, peta topografi, peta chorografi, peta dunia

Peta khusus/ tematik, peta khusus adalah peta yang hanya menggambarkan kenampakan tertentu saja atau menggambarkan satu aspek saja. Misalnya,  peta kepadatan penduduk, peta geologi, peta navigasi, peta pariwisata, dan lain sebagainya.

  1. Klasifikasi peta berdasarkan bentuk

Peta foto adalah peta yang dihasilkan dari mosaik foto udara/ortofoto yang dilengkapi garis kontur, nama, dan legenda.

Peta garis adalah peta yang menyajikan keseluruhan alam secara detail dan buatan manusia dalam bentuk titik, garis, dan luasan. Misalnya, peta rupa bumi (topografi)  peta tedanmatik.

Adapun bentuk peta yang menyerupai bumi. Atau miniayur bumi dengan ukuraj lebih kecil yang berbentuk bulat dengan ada penyangga besi di bawahnya. Jenis peta tersebut dinamakan globe. Sedangkan kumpulan peta yang disajikan dalam bentuk buku dinamakan atlas.

Berlangganan ke Blog MateriIlmu.com via Email

Masukkan alamat Email Anda untuk berlangganan artikel terbaru mata pelajaran sekolah blog MateriIlmu dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui Email.

Bergabung dengan 215 pelanggan lain

About the Author: materi ilmu