Ragam Gejala Sosial di Masyarakat

1. Pengertian gejala sosial

Gejala sosial adalah fenomena yang ada di masyarakat. Fenomena tersebut tidak dapat dihindari akan tetapi dapat diantisipasi. Gejala sosial juga memiliki dampak. Baik dampak positif maupun dampak negatif. Sehingga diharapkan untuk hati hati dalam menanggapi gejala sosial. Misalnya, demam musik kpop, era teknologi, globalisasi, pencemaran lingkungan dan lain sebagainya.

2. Faktor penyebab gejala sosial.

Gejala sosial pun memiliki penyebab. Diantaranya faktor kultur dan struktur. Faktor kultural adalah nilai yang berkembang dalam.masyarakat. misalnya, kemiskinan, kerja bakti, dan perilaku menyimpang dan lain sebagainya. Selanjutnya, faktor struktural ialah suatu keadaan yang memengaruhi struktur yang telah disusun pada pola tertentu. Faktor struktural tersebut berkaitan dengan hubungan individu maupun kelompok di masyarakat. Misalnya, oenyuluhan sosial.

3. Macam-macam gejala sosial

a. Ekonomi
Gejala sosial yang pertama adalah bidang ekonomi. Ekonomi berkaitan dengan pendapatan individu dalam masyarakat. Banyak sedikitnha pendapatan dapat memengaruhi gejala sosial di maayarakat. Misalnya, tingkat pengangguran, tingkat kejahatan, masalah kependudukan, dan lain sebagainya. Gejala sosial dalam bidang ekonomi merupakan momok utama salam masyarakat, karena dapat memicu kesenjangan sosial di masyarakat.

b. Budaya
Indonesia merupakan negara multikultural. Karena Indonesia merupakan negara yang terbentuk dengan berbagai pulau. Perbedaan budaya di masyarakat bukanlah untuk dibeda-bedakan. Melainkan untuk dihargai dan toleransi antar umat berbagai agama dan budaya. Menghormati budaya bukan sebatas sesama warga Indonesia aaja, melainkan negara negara tetangga lainnya. Sebab itulah, diharapkan untuk saling menghargai budaya laij agar tidak terjadi kesenjangan sosial. Misalnya, pencurian atau peniruan budaya.

c. Psikologis
Tingkat psikologis masing masing individu juga memengaruhi gejala sosial. Misalnya, dapat terjadinya pengucilan atau bahkan penganiyaan pada individu yang psikologisnya terganggu. Misalnya, sakit jiwa, ata sedikit kurang normal.

d. Lingkunga sosial
Dalam bidang lungkungan sosial berkaitan demgan kesehatan msyarakat. Kurang menjaganya lingkungan dapat menimbulkan penyakit. Terkadang, penyakit yang ditimbulkan dapat menular dan berbahaya. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kurang adanha kesadaran diri dalam membuang sampah.

About the Author: materi ilmu