Sejarah Kerajaan Kutai

Tahukah anda tentang Kerajaan Kutai ??? Kerajaan kutai adalah kerajaan Hindu pertama di Indonesia, bahkan di Asia tenggara. Kerajaaan ini terletak di Kalimantan Timur. Nama Kutai bukanlah nama asli kerajaan tersebut. Hanya saja, disebut dengan kutai berdasarkan prasasti prasasti peninggalannya. Sebab minimnya sumber informasi tentang kerajaan ini. Sejauh ini, info yang didapatkan tentang kerajaan-kerajaan didapatkan dari informasi yang tertulis di prasaati prasasti peninggalannya, baik itu prasaati yang berbentuk arca maupun tulisan karya sastra.

Yupa

Yupa atau Tugu yang terdapat dalam sebuah acara pengorbanan pada abad ke4. Dalam Yupa, dijelaskan bahwa kerajaan Kutai dipimpin oleh mulawarman. Mulawarman terkenal akan kedermawanannya, karena telah menyumbangkan 1000 lembu untuk rakyatnya.

Mulawarman adalah anak Aswawarman dan cucu Kudungga. Nama Mulawarman dan Aswawarman sangat kental dengan pengaruh bahasa Sanskerta bila dilihat dari cara penulisannya. Kudungga adalah pembesar dari Kerajaan Campa (Kamboja) yang datang ke Indonesia. Kudungga sendiri diduga belum menganut agama Budha.

Aswawarman diperkirakan sebagai raja pertama pada kerajaan Kutai. Hal tersebut dibuktikan karena dalam prasasti dijelaskan sebagai pendiri dinasti Kerajaan Kutai sehingga diberi gelar Wangsakerta, yang artinya pembentuk keluarga. Aswawarman memiliki 3 orang putera, dan salah satunya adalah Mulawarman.

Putra Aswawarman salah satunya ialah Mulawarman. Dalam yupa dijelaskan bahwa pada masa pemerintahan Mulawarman, Kerajaan Kutai mengalami masa kejayaan. Wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur. selain itu, kehidupan rakyat Kutai hidup sejahtera dan makmur. Sebab itulah pada masa Mulawarman disebut juga masa keemasan.

Sayangnya, kerjaan kutai tak begitu terkenal, dan jarang yang mengetahuinya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya komunikasi dari pihak kerajaan kutai dengan dunia luar. Sebab itulah, tidak mengherankan jika jarng yang mendengar namanya.

Pada masa pemerintahan Maharaja Darma Setia, kerajaan ini runtuh. Hal tersebut dikarenakan matinya beliau pada masa peperangan dengan raja kutai kartanegara. Perlu diingat, kerajaan kutai yang dipimpin Mulawarman dengan kutai yang diperangi raja Darma Setia, berbeda. Karena kerajaan Kutai Kartanegara merupakan kerajaan dari cikal bakal kerajaan islam, atau yang biasa disebut kesultanan kutai kartanegara.