Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Sejarah Masuknya Islam di Indonesia – Setelah masa kerajaan Hindu Budha runtuh, Agama Islam mulai masuk ke Indonesia. Di Indonesia, agama Islam merupakan agama mayoritas, karena sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam. Proses masuknya agama pun berangsur-angsur berdasarkan periode periode tertentu. Proses maauknya agama Islam pun bukan hanya sebatas teori yang diungkapkan para ahli belaka, melainkan didukung dengan peninggalan-peninggalan sejarah.

Pada abad ke-7 Islam sudah memasuki Indonesia, tepatnya di wilayah Sumatera Utara atau Samudera Pasai. Dari Samudra Pasai itulah Islam menyebar ke seluruh Indonesia, dimulai dari Malaka dan lanjut ke Pulau Jawa. Penyebaran agama Islam tersebut melalui perdagangan. Masuknya ke Pulau Jawa bagian utara itu dibuktikan oleh berita dari Cina pada masa Dinasti Tang.

Selain abad ke 7, teori lain menyatakan bahwa Islam mulai masuk ke Indonesia itu pada abad ke 11. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya Batu Nisan kuno yang bertuliskan Fatimah Binti Maimun. Batu nisan tersebut ditemukan di wilayah Gresik Jawa Timur dengan angka 1082 M.

Adapun teori lain yang menjelaskan bahwa Islam baru masuk di Indonesia pada abad 13, bukan abad 7 maupun 11. Hal tersebut berkaitan dengan runtuhnya Dinasti Abassiyah di Baghdad (1258), dan berita berita dari Marocopolo (1292), batu nisan kubur Sultan Malik as Saleh di Samudra Pasai (1297), dan berita dari Ibnu Battuta (1345). Selain hal-hal yang telah disampaikan tersebut, bukti lain Islam memasui Indonesia pada abad 13 yaitu terbukti dengan adanya penyebaran ilmu Tasawuf di Indonesia.

Jika ditelisik secara kesejarahan, Islam masuk ke Indonesia oleh pedagang yang berasal dari Arab dan Persia. Pada awal kedatangan para pedagang, hanya sebagian kecil penduduk Indonesia yang menganut ajaran Islam, karena pada masa itu masih dikuasai oleh kerajaan Hindu Budha. Mereka menyebarkan Islam dari pusat perdagangan yang satu ke pusat perdagangan lainnya. Sebagian kecil penduduk pun yang sudah menganut ajaran Islam, turut ikut serta menyebarkannya juga. Akibatnya, pemeluk agama Islam kian meluas di Masyarakat Indonesia, khususnya daerah pesisir pantai.

Pada akhir abad ke 12. Kerajaan Sriwijaya mulai runtuh. Sebab hal tersebut, para pedagang semakin gencar menyebarkan agama Islam. Hingga pada awal abad 13 berdirilah kerajaan Islam di Samudera Pasai.

Pada abad ke 15, kerajaan majapahit pun mulai runtuh. Beberapa daerah yang dibawahinya pun mulai melepaskan diri dan mulai berdiri sendiri-sendiri. Selanjutnya berdirilah kerajaan Demak. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kemudian disusul beberapa kesultanan-kesultanan Islam lainnya, diantaranya Cirebon, Ternate, Gowa, Banjar, dan lain sebagainya.

Nah, Karen kerajaan-kerajaan Islam mulai banyak berdiri, agama Islam semakin menyebar di berbagai penjuru Indonesia, kina bukan hanya di daerah pesisir saja, tetapi juga di daerah pedalaman mulai memeluk agama Islam.

Berlangganan ke Blog MateriIlmu.com via Email

Masukkan alamat Email Anda untuk berlangganan artikel terbaru mata pelajaran sekolah blog MateriIlmu dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui Email.

Bergabung dengan 215 pelanggan lain

About the Author: Zacky