Sejarah: Pengertian, Contoh dan Pentingnya Mempelajari Sejarah

Pengertian

Apa yang dimaksud dengan sejarah? Secara umum definisi sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan melalui serangkaian teori, metode dari beberapa peristiwa apa saja yang dimaksud, yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan. 

Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum yang dimaksud yaitu manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

Definisi sejarah dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut geschichte yang artinya sesuatu yang pernah dan telah terjadi.

Sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau dalam peradaban kehidupan umat manusia.

Adapun menurut Sartono Kartodirdjo, definisi sejarah adalah rekonstruksi masa lampau atau kejadian apapun yang terjadi pada masa lampau.

Asal Kata sejarah secara harafiah berasal dari bahasa kata Arab (شجرة, šajaratun) yang artinya pohon.

Namun, asal kata Sejarah dalam bahasa umum kata sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu kata historia yang berarti ilmu atau orang pandai.

Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia.

3 Pengertian Sejarah:

  1. Pengertian sejarah merupakan peristiwa masa lampau yang disusun berdasarkan peningggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa dan tidak boleh kita lupakan.
  2. Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.
  3. Sejarah merupakan catatan tentang umat manusia atau peradaban dunia tentang perubahan – perubahan yang terjadi pada watak masyarakat. Pengertian sejarah lainnya yaitu disebut sejarah sebagai objek peristiwa. 

Contoh sejarah

Sejarah Dunia

Contoh sejarah dunia paling nyata ialah Perang dunia 1 dan perang dunia 2. Kedua peristiwa yang hingga kini sudah menjadi sejarah dunia dan telah tertulis dalam buku sejarah.

Periode Sejarah Dunia Lama – (khususnya Eropa dan Mediterania) umumnya terbagi menjadi:

  1. Abad Kuno, yang terhitung sejak periode dari zaman sebelum 476 Masehi.
  2. Abad Pertengahan, dari periode abad ke-5 hingga abad ke-15, meliputi Zaman Kejayaan Islam (sekitar 750 M hingga sekitar 1258 M) dan Zaman Renaisans Eropa Awal (bermula sekitar 1300 M).
  3. Abad Modern Awal, dari periode abad ke-15 sampai akhir abad ke-18, mencakup Abad Pencerahan; dan Abad Modern Akhir, dari masa Revolusi Industri hingga sekarang, termasuk sejarah kontemporer.

Sejarah Indonesia

Contoh sejarah Indonesia misalnya G30S/PKI, perjuangan rakyat Indonesia, Serangan umum 1 maret, Bandung lautan api, Medan Area, dan banyak lagi yang lainnya.

Periode sejarah Indonesia dapat dibagi menjadi lima era:

  1. Era Prakolonial, munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan Islam di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan yang terutama mengandalkan perdagangan.
  2. Era Kolonial, masuknya orang-orang Eropa (terutama Belanda, Portugis, dan Spanyol) yang menginginkan rempah-rempah yang mengakibatkan penjajahan terhadap bangsa Indonesia oleh Belanda yang berlangsung selama sekitar 3,5 abad. Masa perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan terjadi antara awal abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20.
  3. Era Kemerdekaan Awal, pasca-Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 sampai jatuhnya masa pemerintahan Soekarno pada tahun 1966.
  4. Era Orde Baru, selama 32 tahun di bawah pemerintahan Soeharto selama periode 1966 hingga 1998.
  5. Era Reformasi, yang berlangsung sejak periode kejatuhan masa pemerintahan Soeharto tahun 1988 sampai sekarang.

Apa perbedaan antara sejarah dan ilmu sejarah?

Perbedaan antara keduanya yaitu: Sejarah merupakan kejadian (apa saja) yang sebelumnya telah terjadi di masa lampau.

Sedangkan Ilmu sejarah merupakan serangkaian teori, metode dan disiplin yang diterapkan. Dengan tujuan menelusuri, dan memahami suatu kejadian yang berkaitan dengan kejadian di masa lalu yang menjadi kenangan.

Namun, meskipun sejarah bisa menjadi kenangan, akan tetapi ada perbedaan antara sejarah dengan kenangan.

Lalu apa perbedaan sejarah dengan kenangan?

Apa perbedaan sejarah dengan Kenangan?

Keduanya memiliki makna berbeda antara sejarah dengan kenangan.

Perbedaannya yaitu sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang tercatat atau tertulis dalam buku sejarah.

Sedangkan kenangan adalah peristiwa pada masa lalu yang hanya diingat tapi tidak tercatat atau tertulis.

Apa tujuan kita belajar sejarah?

Salah satu fungsi dan tujuan mempelajari sejarah adalah berfungsi sebagai sarana edukatif. Sebagai sarana untuk belajar mengetahui, mengenal, dan mempelajari makna yang terkandung didalamnya.

Artinya sejarah digunakan sebagai media untuk tujuan pembelajaran. 

Kita bisa mempelajari sejarah, belajar mengenal tokoh dan mengetahui peristiwa bersejarah apa saja di masa lalu. Mempelajari makna serta dampak suatu kejadian yang telah terjadi pada masa lampau.

Kenapa belajar dari sejarah itu penting?

Belajar sejarah itu sangat penting karena sejarah mengajarkan pengalaman dan kebajikan terhadap umat manusia.

Kenapa kita harus belajar dari sejarah adalah agar kita dapat mengetahui kesalahan-kesalahan manusia di masa lalu atau mengetahui dan belajar apa saja kunci keberhasilan dari para pendahulu kita, lalu menerapkannya pada diri kita.

Lalu apa pentingnya kita mempelajari sejarah?

Arti penting dalam mempelajari ilmu sejarah antara lain: Sejarah mengajarkan kita untuk mempelajari kesalahan yang pernah terjadi agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Sejarah yang ada tidak hanya tentang kebaikan tetapi ada juga keburukan yang ada, maka dari itu kita harus mempelajari sejarah untuk mengambil kebaikan dan menghilangkan keburukannya.