Teks Biografi (Pengertian, Jenis, dan Struktur Teks Biografi)

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi merupakan teks atau bacaan yang menceritakan kehidupan seorang tokoh yang sukses atau terkenal dan memiliki pengaruh atau dampak positif di lingkungannya. Baik pada masa lalu, maupun masa sekarang. Biografi selalu ditulis oleh orang lain dengan sudut pandang orang ketiga. Jika seandainya biografi ditulis oleh orang yang bersangkutan, namanya bukan lagi biografi, melainkan auto biografi.

Jenis Jenis Teks Biografi

Biografi secara umum dibedakan menjadi dua, yakni biografi singkat dan biografi panjang. Untuk jenis biografi secara khusus dibedakan menjadi 4 macam, diantaranya biografi sisi penulis, isinya, persoalan yang dibahas dan penerbit.

  1. Biografi berdasarkan sisi penulis
    Seperti yang sudah disinggung pada kalimat pembuka, ada yang namanya biografi dan autobiografi. Biografi ditulis oleh orang lain dengan persetujuan terlebih dahulu. Sedangkan bautobiografj ditulis oleh orang itu sendiri, ia menceritakan sendiri kisahnya pada sebuah tulisan.
  2. Biografi berdasarkan isinya
    Biografi berdasarkan isinya dibedakan menjadi dua, yaitu biogfafi perjalanan hidup dan biografi perjalanan karir. Biografi perjalanan hidup adalah biografi yang berisi mengenai perjalanan hidup seorang tokoh secara rinci dan utuh. Sedangkan biografi perjalanan karir kisah menitih karir dari awal hingga memeroleh kesuksesan.
  3. Biografi berdasarkan persoalan yang dibahas.
    Berdasarkan persoalan yang dibahas, biovraci dibedakan menjadi tiga, yaitu politik, jurnalistik, dan intelektual. Biografi politik adalah biografi yang menceritakan tokoh-tokoh yang berhubungan dengan kegiatan politik. Selanjutnha, biografi jurnalistik adalah biografi yang yang ditulis seseoranv dengan tahap wawancara terlebih dahulu.
  4. Biografi intelektual
    Biografi intelektual adalah biografi yang gaya penulisannya menggunakan gaya penulisan ilmiah.

Struktur Teks Biografi

Seperti teks-teks lainnya, biografi juga memiliki struktur tulisan. Biografi memiliki tiga struktur cerita, diantaranya orientasi, peristiwa, dan reorientasi.

A. Orientasi
Orientasi merupakan bagian awal biograci yang menceritakan identitas, karaktee tokoh secara umum. Dengan kata lain, orientasi disebut juga tahap pengenalan tokoh biografi.

B. Peristiwa
Peeistiwa merupakan tahap-tahap cerita atau perjalanan hidup dari awal hingga akhir tergantung batasan yang akan diceritakan. Dalam tahap ini, penulis biasanya menuliskan hal-hal menarik, kisah-kisahnya, hal-hal yang bisa diteladani, sesuatu yang telah diperbuat, dan sebagainya. Bagian ini disebut juga bagian inti biografi karena memuat hal hal penting dari tokoh yang diceritakan

C. Re-Orientasi
Re-Orientasi adalah bagian akhir dari teks biografi. Biasanya, pada akhir teks biografi berisi tentang kata-kata motivasi atau motto hidup sang tokoh yang berisi tentang kata-kata semangat agar tidak mudah menyerah