fantasy

Teks Cerita Fantasi (Ide Penggambaran dan Struktur)

Teks Cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis fiksi yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal, seperti karya tulis biasanya. Hanya saja memiliki sifat imajinatif dan khayalan yang sangat mencolok. Secara garis besar, unsur unsur dan struktur cerita fantasi ini seperti tempat, alur, penokohan, konflik, ending dan lain sebagainya dibuat berlebihan dan terkesan tidak akan pernah terjadi di dunia nyata dan hanya sebatas khayalan belaka. Salah satu contoh cerita fantasi yaitu Harry Potter, StarWar, dan lain sebagainya.

fantasy

Ide Penggambaran Teks Fantasi

Ide cerita teks fantasi sangat liar, semua dijatuhkan kepada kebebasa pengarang. Pengarang bebas menulis apapun berdasarkan imajinasinya. Tema yang disuguhkan dalam cerita fantasi biasanya berupa kisah di masa depan, pertarungan alien, adu kekuatan sihir, dan hal hal lain yang tidak ada dalam dunia nyata.

Karena kisah yang sangat abstrak, tentunya tidak jarang jika terdapat keanehan dalam cerita, misalnya orang yang sangat besar dengan tanduk, seorang peri yang tidak bisa terbang, hingga manusia setengah serigala yang bermusuhan dengan bangsa vampir. Intinya, cerita fantasi itu merubah hal yang tidak mungkin menjadi sesuatu yang mungkin. Meskipun terkadang terlihat dipaksakan.

Kebahasaan teks fantasi tidak ada yamg menonjol. Karena menggunkan bahasa bebas seperti layaknya narasi biasa.

Struktur Cerita Fantasi

Struktur cerita fantasi juga hampir sama dengan struktur teks narasi lainnya yakni, terdiri dari orientasi, konflik, resolusi dan ending. Adapun penjelasan dari masing masing struktur teks fantasi adalah sebagai berikut ini:

  • Orientasi

Orientasi adalah pengenalan atau orientasi merupakan sebuah bagian dimana pengarang memberikan pengenalan tentang penokohan, tema, dan sedikit alur cerita kepada pembacanya. Misalnya, pada suatu hari, di belahan dunia yang lain terdapat seorang raksasa kesepian yang memiki tanduk di lengan kirinya. Ia hidup sendirian di bawah air terjun yang berwarna biru.

  • Konflik

Konflik merupakan bagian dimana terjadi permasalahan yang dialami oleh tokoh dalam cerita. biasanya, konflik dimulai dari awal permasalahan hingga menuju ke puncak permasalahan.

  • Resolusi

Resolusi merupakan penyelesaian dari permasalahan atau konflik yang tejadi sudah mereda. Resolusi sendiri merupakan bagian penentu yang akan mengarah pada ending. Entah akan memiliki ending yang bagaimana, itu terserah penulis cerita tersebut.

  • Ending

Ending merupakan penutup cerita fantasi. Ending sendiri dapat dibedakan menjadi dua yakni happy ending dimana tokoh utama menang dan hidup bahagia. Dan yang lain adalah sad ending dimana tokoh utama tewas setelah mencapai tujuan dan sebagainya. Hanya saja, sebagian besar cerita fantasi selalu memiliki akhir yang bahagia.

Berlangganan ke Blog MateriIlmu.com via Email

Masukkan alamat Email Anda untuk berlangganan artikel terbaru mata pelajaran sekolah blog MateriIlmu dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui Email.

Bergabung dengan 215 pelanggan lain

About the Author: Zacky