Teks Eksposisi (Pengertian, Struktur, Ciri Kebahasan, dan Jenis-jenisnya)

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan sebuah paragraf atau karangan yang mengandung sejumlah informasi. Dimana isinya bertujuan untuk untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat. Secara umum, Teks Eksposisi menggunakan gaya bahasa yang baku, dan lugas. Selain itu, juga memiliki ciri informasi yang mengajak. Pernyataan-pernyataan gang digunakan pun harus sidukung dengan data-data yang akurat.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi hanya memiliki 3 struktur utama, diantaranya pernyataan pendapat, argumen, dan penegasan pensapat. Untuk lebih jelasnya, perhatioan rincian berikut ini.

  • Pernyataan pendapat (Tesis)
    Pernyataan Pensapat merupakan gagasan utama tentang salah satu permasalahan berdasarkan fakta yang sedang dibahas dalam.teks eksposisi.
  • Argumentasi
    Argumentasi merupakan penjelasan secara mendalam tentang pernyataan pendapat dan pengungkapan fakta sebagai penjelasan dari argumen si penulis. Pada bagian inj, pernyataan-pernyataan yang dipaparkan harus didukung dengan data-data yang akurat. Dengan tujuan memerlihatkan kebobotan pernyataan utama.
  • Penegasan ulang pendapat
    Penegasan ulang merupakan salah satu penguat dari pendapat serta argumen yang ditunjang oleh fakta.

Ciri kebahasaan teks ekaposisi

1. Pronomina
Pronomina adalah kata ganti orang yang dapat digunakan terutama pada saat pernyataan pendapat pribadi diungkapkan. Dalam teks eksposisi, pronomina dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yakni pronomina persona: ia, dia, anda, kamu, mereka, nama orang. Selanjutnya, Pronomina nonpersona, contohnya inj, itu, sini, apa, dan lain sebagainya.

2. Konjungsi
Konjungsi adalah kata penghubung digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi. Dalam tekz ekaposisi, jenis konjungs dibedakan menjadi bebeeapa macam, diantaranya konjungsi waktu, gabungan, persyaratan, sebab akibat, pertentangan, pilihan, dan lain sebagainya.

3. Lekaikal
Leksikal adalah kelas kata. Dalam teks ini, terdapat empat macam kelas kata, yakni nomina: bendamati, verba: kata kerja, adverbia: kata pelengkap, dan adjectiv: kata sifat.

Selain struktur dan ciri kebahasaan. Hal yang perlu diketahui dalam teks eksposisi adalah jenis-jenisnya. Secara keseluruhan, teks eksposisi dibedakan menjadi enam macam, yakni definisi, proses, ilustrasi, laporan, perbandingan, dan pertentangan.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

  1. Eksposisi definisi adalah eksposisi yang mengandung definisi-definisi pokok bahasan tertentu.
  2. Eksposisi proses adalah eksposisi yang mengandung langkah/tahap proses dari sesuatu yang dibahas.
  3. Eksposisi ilustrasi adalah eksposisi yang memaparkan informasi dengan cara penggambaran atau perumpamaan dalam penvungkapan sesuatu.
  4. Eksposisi laporan adalah ekaposisi yang paragrafnya berisi laporan/riset tentang suatu hal. Baik itu berupa berita maupun penelitian.
  5. Eksposisi perbandingan adalah ekaposisi yang gagasan utamanya dibandingnkan dengan seauatu yang lain.
  6. Eksposisi pertentangan adalah eksposisi yang berisi tantang pertentangan dari yang satu dengan yang lain.