Teks Iklan: Pengertian, Struktur dan Ciri Kebahasaan

TEKS IKLAN – TEKS IKLAN merupakan┬ámateri bahasa indonesia kelas XII. Pada artikel ini kita akan bahas materi yang berhubungan dengan tek iklan yang meliputi pengertian, struktur teks, dan ciri kaidah kebahasaan.

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti menjumpai beraneka macam iklan baik di media luar seperti dijalan raya yang berupa iklan baliho, banner dll. Termasuk iklan di media cetak seperti koran atau majalah serta media elektronik seperti radio maupun televisi.

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif dalam memasarkan dan mengenalkan berbagai macam produk maupun jasa kepada konsumen secara umum. Iklan memiliki daya jangkauan yang luas dan masif. Tujuan teks iklan adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik berupa barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan. Ada begitu banyak jenis iklan, ada yang di televisi, radio, koran, majalah, dan bahkan berbentuk poster yang ditempelkan di pingir jalan. Akan tetapi, iklan berbeda dengan poster. Jika poster memiliki tujuan untuk memberikan informasi, sedangkan iklan lebih fokus untuk mengajak.

Struktur teks Iklan

Secara garis besar teks iklan memiliki struktur tersendiri dalam penggunaannya. Teks iklan terdiri dari judul, nama produk dan penjelasan tentang produk yang diiklankan. Berikut penjelasannya;

  1. Judul iklan, terletak di bagian paling atas sebuah teks iklan, meski tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk yang di iklankan di bagian paling atas. Dan ada juga iklan yang meletakan judul iklan pada bagian paling bawah.
  2. Nama produk, berisi mengenai nama produk yang diiklankan. Misalnya, Semen tiga roda, jasa sedot WC, badut ulang tahun, dan sebagainya.
  3. Penjelasan tentang produk, penjelasan berisi tentang deskripsi produk yang diiklankan, seperti spesifikasi barang atau jasa, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi jika sewaktu waktu ada pelanggan yang tertarik dengan iklan tersebut.

Baca juga: Teks Anekdot (pengertian, struktur dan ciri kaidah kebahasaan)

Ciri Kebahasaan Teks Iklan

Secara umum, ciri kebahasaan teks iklan mengandung slogan, menggunakan bahasa persuatif, dan selalu menggunakan subjek orang pertama. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut.

  1. Slogan, adalah sebuah kata atau kalimat menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. panjang kalimat slogan biasanya hanya terdiri dari empat sampai lima kata yang mudah diingat dan tentunya memiliki daya tarik yang kuat agar pesan yang dimaksud bisa sampai ke orang yang diajak. Misalnya, slogan dari produk semen: kokoh tak tertandingi, kokoh tahan lama. Slogan dari produk jasa: Cepat, terpercaya, dan lain sebagainya.
  2. Bahasa persuasif, kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk membujuk dan meyakinkan pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut, salah satu contoh: “ayo, gunakanlah jasa kami. Dijamin puas”
  3. Sudut pandang orang pertama, Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, misalnya aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi peng-iklan. Subjek tersebut digunakan pada teks iklan misalnya, gunakanlah jasa kami, anda tidak puas? Saya akan mengembalikan dana anda 100%, dan lain sebagainya.

About the Author: materi ilmu